Tinggalkan Arsenal, Gazidis gabung ke Milan

Tinggalkan Arsenal, Gazidis gabung ke Milan

0

London (ANTARA News) – Direktur Eksekutif Arsenal Ivan Gazidis akan meninggalkan klub itu untuk bergabung dengan klub Italia AC Milan pada aksi terakhir dalam tahun penuh perubahan di klub Inggris tersebut.

Gazidis akan mulai bekerja sebagai ketua eksekutif AC Milan pada 1 Desember setelah hampir satu dekade berkarya di Arsenal, dalam langkah restrukturisasi di luar lapangan menyusul kepergian manajer tim Arsene Wenger yang telah menukangi klub sejak 1996.

Vinai Venkatesham, yang saat ini menjabat sebagai ketua petugas komersial Arsenal, akan menjadi direktur pelaksana, sedangkan kepala hubungan sepak bola Raul Sanllehi akan mengisi jabatan kepala sepak bola.

Kepergian Gaziis terjadi sebulan setelah miliarder AS Stan Kroenke mengambil alih Arsenal secara penuh dengan membeli saham milik rivalnya yang berasal dari Rusia Alisher Usmanov, membuat klub Inggris itu bernilai sekitar 2,3 milyar dolar.

“Arsenal memasuki babak baru dan saya telah melakukan semua yang saya mampu untuk memastikan tim ini berada di tempat yang kokoh untuk mengambil tantangan itu,” kata Gazidis dalam pernyataannya, menambahi bahwa banyak pihak akan mengatakan ini adalah “saat yang aneh” bagi dia untuk pergi.

“Meski ini sangat berat untuk dilakukan — keputusan tersulit dalam hidup saya — saya percaya bahwa, setelah sepuluh tahun, ini saat yang tepat bagi saya untuk menepi untuk memberi kesempatan kepada kepemimpinan, energi, dan ide-ide baru untuk memajukan klub menuju era baru yang menyenangkan ini.”

Arsenal dan AC Milan akan berkiprah di Liga Europa tahun ini, di mana kedua tim gagal lolos ke Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Gazidis mengatakan ia akan “bekerja untuk merestorasi (Milan) untuk berada di tempat yang tepat di dunia sepak bola.”

AC Milan, yang merupakan juara Eropa tujuh kali, juga mengalami pergolakan tahun ini.

Baca juga: AC Milan diskors dari Liga Europa

Elliott Investments mengambil alih klub pada Juli setelah Li Yonghong, yang tahun lalu membeli AC Milan dari mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi gagal melakukan pembayaran ulang terhadap pendanaan asal AS.

Beberapa surat kabar Inggris melaporkan bahwa dalam beberapa hari terakhir Gazidis, yang sebelumnya bekerja di Liga AS, melakukan negosiasi lanjutan untuk pindah ke Milan. Ia akan meninggalkan klub London itu mulai 31 Oktober.

Arsenal merekrut Sanllehi pada November silam dari juara Spanyol Barcelona, di mana ia pernah menduduki beberapa jabatan termasuk direktur sepak bola. Venkatesham telah bekerja di Arsenal sejak 2010.

Arsenal saat ini menghuni peringkat ketujuh di klasemen Liga Inggris setelah sepasang kekalahan di bawah asuhan manajer baru Unai Emery, yang didatangkan dari juara Prancis Paris St Germain pada musim panas.

Selain perekrutan Emery, Gazidis bertanggung jawab untuk perekrutan pemain papan atas, termasuk pemenang Piala Dunia asal Jerman Mesut Ozil. Bagaimanapun, banyak penggemar tidak senang dengan pengelolaan klub dalam beberapa tahun terakhir masa kerja Wenger, meyakini kestabilan keuangan lebih diprioritaskan ketimbang kesuksesan di lapangan.

Arsenal terakhir kali menjuarai Liga Inggris pada 2004.

Reuters/H-RF

Baca juga: Jaga kinerja Arsenal, Emery tuntut “personalitas” pemainnya

Baca juga: Miliarder AS ingin beli seluruh saham Arsenal

Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.

Leave a Reply